Rakor Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Ardiles Mewoh : Ini Akan Jadi Masukan ke KPU RI

Rabu (18/8) KPU Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (KPU Bolsel) mengikuti Rapat Koordinasi Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Sulawesi Utara. Rapat Koordinasi yang diadakan secara daring ini oleh KPU Provinsi Sulawesi Utara diikuti oleh 15 KPU Kab/Kota yang ada di Sulawesi Utara serta dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Utara.


Rapat Koordinasi ini adalah merupakan wadah dalam memberikan masukan berdasarkan pengalaman setiap KPU Kab/Kota dalam pelaksanaan Tahapan Pemilu Tahun 2019 silam, terkait Rancangan PKPU tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.


Masing-masing dari KPU Kab/Kota memaparkan Daftar Inventarisir Masalah (DIM) yang sebelumnya telah disusun berdasarkan pengalaman pelaksanaan Pemilu sebelumnya. Hal ini untuk mengantisipasi agar permasalahan yang serupa pada pelaksanaan Pemilu sebelumnya tidak terulang kembali dalam proses pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang.


Diakhir Rapat, Ketua KPU Sulawesi Utara Ardiles Mewoh mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan. “Saya mengapresiasi penyampaian masukan dari setiap KPU Kab/Kota, hal ini secara tidak langsung menambah pemahaman kita kembali terkait teknis penyelenggaraan pemilu khususnya proses Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum. Daftar inventaris masalah yang telah dikumpulkan akan menjadi bahan masukan kepada KPU RI dalam penyusunan PKPU terkait Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah” kata Ardiles Mewoh sembari menutup Rapat Koordinasi.

Leave a Reply