5 PPK Gelar Bimtek Serentak: PPS Kami Siap

Molibagu.kpu-bolselkab.go.id.-Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Bolsel menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) secara serentak di lima tempat. Pesertanya adalah seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS). Materi Bimtek diberikan oleh PPK. Namun kegiatan ini turut dihadiri Komisioner KPU Bolsel. Khusus Bimtek yang digelar PPK Bolaang Uki dihadiri Ipik Yasin selaku Komisioner Devisi Sumber Daya Manusia (SDM).

Dua materi inti yang diberikan dalam Bimtek. Pertama soal PKPU Nomor 4 Tahun 2015 terkait pemutahiran data pemilih dan berikutnya tentang PKPU Nomor 9 Tahun 2015 tentang pencalonan.

“Dua materi ini harus dikuasai oleh PPS. Regulasi ini menjadi referensi utama mereka dalam menjalankan tugas sebentar,” Ucap Ipik Yasin ketika ditemui di sela-sela Bimtek yang digelar di ruang rapat Kantor Kecamatan Bolaang Uki, Desa Molibagu (16/06).

Lanjutnya, dia berharap kepada seluruh PPS untuk tidak putus koordinasi dengan PPK maupun KPU. Katanya jika ada yang kurang jelas diminta untuk tidak berspekulasi.

“Jangan menerka-nerka. Jika ada yang kurang dimengerti menyangkut bahasa dalam regulasi, tanyakan ke PPK. Atau bisa juga berkoordinasi langsung ke sekretariat KPU,” ucapnya.

Pilkada serentak tahun ini terbilang cukup berat bagi PPS. Salah satunya, melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi Factual berkas syarat dukungan dari calon perseorangan. Ketua PPK Bolaang Uki, Umaruddin Moha mengaku PPK Bolaang Uki tetap akan pro-aktif melakukan pendampingan terhadap PPS dalam menjalankan tugas sebagai penyelenggara di tingkat Desa.

“Terutama saat melakukan verifikasi factual berkas syarat dukungan dari calon perseorangan. Kami dari PPK akan turun ke PPS-PPS untuk melakukan pemantauan, termasuk siap membantu PPS jika mengalami kesulitan dalam proses tersebut,” ucapnya.

Salah satu Anggota PPS  Desa Molibagu, Firman ALi saat di wawancarai usai pelaksanaan Bimtek mengatakan, setelah bimtek ini kami lebih siap dalam menjalankan tugas.

“Kami siap menjalankan Tugas sebagai penyelenggara di tingkat Desa, Materi yang di sampai baik dari PPK maupun KPU menjadi modal kami dalam bekerja. ucapnya.(ail*Hubmas)

Leave a Reply